B. Pembatasan dan Perumusan Masalah

1. Pembatasan Masalah
Agar penelitian lebih fokus dan tidak meluas dari pembahasan yang dimaksud, dalam skripsi ini penulis membatasinya pada ruang lingkup penelitian sebagai berikut :

a. Pengaruh adalah "Daya yang ada atau yang timbul dari sesuatu."
b. Pembelajaran PAI yang dimaksud adalah pembelajaran yang mengajarkan tentang amalan dan tata cara pelaksanaan shalat kepada siswa di SD Negeri Karawaci 8 Perumnas 1 Kota Tangerang.
c. Siswa yang menjadi obyek penelitian pada skripsi ini adalah siswa kelas IV SDN Karawaci 8 Perumnas 1 tahun pelajaran 2008 – 2009.
Dalam penelitian ini penulis membatasi permasalahan dengan memberikan penegasan terhadap variabel judul sebagai berikut :
a. Pengaruh : "Daya yang ada atau yang timbul dari sesuatu.”
b. Pembelajaran : Berasal dari asal kata ajar mendapat awalan pe,
sisipan be dan akhiran an yang berarti “Proses, cara, perbuatan menjadikan orang atau makhluk hidup belajar."
c. PAI : Suatu bidang ilmu yang mempelajari tentang
aspek – aspek yang ada dalam agama Islam, yang disesuaikan dengan kurikulum sebagai bahan untuk acuan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) yang berlangsung di SD Negeri Karawaci 8 Perumnas 1 Kota Tangerang.

2. Perumusan Masalah
Dalam penelitian ini penulis merumuskan masalah sebagai berikut :
a. Sejauh manakah pengaruh pembelajaran PAI terhadap pelaksanaan shalat siswa kelas IV di SD Negeri Karawaci 8 Perum 1 Tangerang ?
b. Apakah pembelajaran PAI terhadap pelaksanaan shalat sudah mencapai target kurikulum, daya serap, presensi guru, presensi siswa dan prestasi belajar siswa ?